Rabu, 09 April 2014

Malam Random

Yaelah kapan sih otak gue nggak rendom? Hahaha, nggak ini seriusan, baru sekarang lagi bisa share soal pengalaman hidup yang ga tau ampe kapan masih fluktuatif. Oke, fluktuatif.


Jadi dimulailah malem ini dibikin geger sama salah seorang temen nyokap di kantor, dia ini salah seorang cewe yang sangat Indonesiawi (pinjem bahasanya ayah Pidi Baiq). Kenapa? Karena emang dia menjunjung tinggi kebiasaan yang umumnya dilakukan oleh ibu-ibu Indonesia. Believe it or not, dia kan temen nyokap ya, tapi dia nggak mirip 11-12 ama nyokap. Nyokap adalah tipikal perempuan kantoran yang memang memilah secara tepat mana kantor mana yang bukan kantor (rumah, berita, gossip etc) dan di kantor sendiri, nyokap sangat profesional (ngga sangat sih, sorry mom, kadang beliau suka bawa-bawa kantor ke rumah bahkan marah-marahnya juga jadi ke gue -____-). Sementara si temen nyokap ini (kita sebut saja Mawar, hahah.. Mawar) nggak bisa kayak gitu. Menurut dia, kejelekan orang lain itu adalah wacana yang berpeluang diangkatnya sebagai trending topic, sementara kebaikan orang lain ia jadikan batu loncatan iri kemudian dibanding-bandingkan dengan kelebihan dirinya (nah sampe sini siapa yang udah mengerutkan dahi? ga usah ngacung, ga bisa juga gue liat loe pada ngacung). Nah si Mawar ini emang udah cukup lama bersosialisasi dengan gaya seperti itu (menurut nyokap dan teman-temannya yang lain) dan cukup membuat orang-orang di sekitarnya (baik pria maupun wanita) merasa gerah dengan tindak tanduknya yang pengecut tapi bermulut besar. Sayang-sayangku, kepribadian seperti ini juga sayangnya kerap kali gue temuin di sekeliling gue. Sejak SD, SMP (banyak), SMA (satu orang) dan pas kuliah (lebih banyak dan banyak lagi -__-). Dan gue pelajari sifat dari setiap orang yang berbeda itu satu-satu, sesuai dengan perlakuan dia terhadap gue, misal, dia jual gue beli, walopun jarang ada yang seekstrem itu. Kebanyakan orang sih bilang katanya mereka nggak berani petantang petentengin gue, entah, mungkin gue berbisa atau menyengat lalu mati (emang lebah). Dan sekarang gue mau bikin kuesioner kecil :

1. Siapa yang kalo lagi ngumpul / rumpi di public place, demen banget ngomongin orang?
2. Nyambung ama nomer 2, lebih sering ngomongin kejelekan atau kebaikannya?
3. Apakah ngomongin orang itu menurut kalian rame? Menyenangkan? Apa untungnya buat kalian?
4. Apakah kalian bener-bener nggak ada kerjaan sama sekali selain harus ngomongin orang setiap kali ngumpul bareng? (Misal adain bisnis bareng kek, bahas kondisi keuangan masing2 kek biar selese bareng, jauh-jauh lah ke rencana kunjungan panti panti mah)
5. Gimana rasanya kalo suatu saat di suatu tempat dalam suatu kaum / kelompok / geng, KALIAN yang balik diomongin sama mereka, terlepas mereka ngomongin baik atau buruknya kalian?



Itu jawab sendiri ya masing2 dan dibalikin lagi hasil jawabannya ke masing-masing, well gue emang idealis, tapi juga serba terserah-loe-istis, gue ga akan ngejudge si ini salah terus si ini bener lah, atau apa, tapi kalo pada mau tau APA jawaban gue sendiri.. nih


1. Ya, sometimes, tergantung siapa yang lagi sama gue. Kalo gue bareng ama anak alay yang memang hobby ngomongin orang mungkin aja gue pernah kebawa mereka, tapi sebagai unsur peningkatan indeks kebahagiaan, gue sangat menghindari bergaul sama orang yang seperti itu.
2. Kejelekan, jujur, karena gue pernah membahas kejelekan orang itu yang merugikan gue. Untuk, mengkonfirm ama yang laen apakah gue aja yang ngerasa gini atau mereka juga, dan walopun ujung-ujungnya untuk dijadiin pelajaran, tetep gue nggak mengiyakan tindakan ini.
3. Sisi jelek gue bilang iya, kenapa, karena gue bukan malaikat, TAPI, gue milih untuk cepet-cepet membalikkan posisi si orang yang gue omongin. Akan dibahas lebih jauh di nomer 5.
4. Jelas nggak. Gue ngerasa ngomongin kalo orang ini memang sangat menyebalkan. Gue lebih suka ngebahas pengalaman hidup, atau wallstreet sekarang (ceilah, boong kok), atau hot topic yang nggak ada hubungannya sama idiot topic (if you know what i mean)
5. Nyambung ama nomer 3, makanya gue lebih suka berdoa kalo didzalimi orang daripada balik ngomongin, ntar malah amalan kita kurang. Biarin aja, Tuhan Maha Tahu kok.


Diluar itu semua, ada loh beberapa orang yang WAJIB dilabrak sekali (kalau udah sangat kurang ajar) sebelum kita abaikan dia dalam hidup kita, bener-bener nganggap orang itu nggak ada. Sebagai peringatan dan nunjukkin ke dia siapa kita kalo udah digituin. Nah, soal wajib itu sih menurut gue aja, soalnya, sayangnya kebanyakan diantara kita jarang ada yang mau ngomong face to face secara langsung dan mengkonfirmasi. Banyak spekulasi, kalo nggak karena si pencari masalahnya pengecut sama kita, kita juga yang pengecut dengan melawan orang seperti itu, ngomongin balik... di belakang dia.





Maw, loe ngomong apaan sih?
Tauk, bingung gue juga.

Ngapain bingung? Mending makan Sop Ayam Ala Mawar yang resepnya ada di next entries.


Pokoknya gitu lah, gue ngomong apaan juga nggak tau, apa yang gue tulis diatas cerna aja ama masing-masing. Bener nggak nya gue balikin ke kalian lagi aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar